Kamis, 03 September 2009

EWUH PAKEWUH ( IP-2 )


EWUH PAKEWUH Penyakit Kronis SDM kita

Ewuh Pakewuh atau Sungkan atau tidak berani melakukan sesuatu hal karena malu atau tidak enak kepada seseorang, karena suatu alasan yang tidak prinsip.

Ewuh Pakewuh atau Sungkan merupakan salah satu penyakit kronis kepribadian bangsa kita, banyak sekali masyarakat kita yang Ewuh Pakewuh atau Sungkan, khususnya masyarakat dari daerah.

Pasti kamu juga tahu, masyarakat dari daerah mana yang rasa Sungkannya tinggi ?,.......... jadi untuk daerah-daerah tertentu EWUH PAKEWUH atau SUNGKAN telah menjadi budaya atau gaya hidup.

Saking Sungkannya akal sehat dan nalarnya sudah tidak berfungsi lagi, mereka rela gagal dan hancur kariernya, pekerjaannya, pergaulannya, rumah tangganya hanya karena EWUH PAKEWUH atau SUNGKAN.

Saya yakin dan percaya banyak diantara pengunjung BLOG Idonesia-perkasa, juga menderita penyakit Psikosomatik yang disebut EWUH PAKEWUH atau SUNGKAN.

Kecenderungan penderita Psikosomatik Ewuh Pakewuh atau Sungkan adalah :

- Tidak Percaya Diri, Ragu-Ragu, Malu-Malu.

- Tidak tegas, tidak berani beragumentasi, malu bertanya, selalu menjawab iya, munafik.

- Pasif, tidak punya inisiatif, pasrah dan produktifitasnya rendah.

Dari pengalaman saya menerapi beberapa client seperti tersebut diatas, baik pria maupun wanita, mereka adalah orang-orang yang gagal hidupnya, mereka hanya sekedar menjalani hidup ini (pasrah), padahal client saya itu rata-rata pendidikannya S1 dari perguruan tinggi ternama.

Tapi kesarjanaannya tidak terlihat sama sekali, kerja dikantor juga posisinya rendah dan tidak pernah dipromosi naik jabatan.

Salah satu contoh kasus, Juni 2009, saya punya satu orang client wanita, single, usia 39 tahun, kelahiran Jateng, anak pertama dari dua saudara, S1 Ilmu Sosial, lulusan Univ. Negeri di Jawa Tengah (salah satu Universitas terbaik dinegeri ini), lulus S1, Mei 1998 sampai dengan saat ini telah 11 tahun bekerja di beberapa perusahaan dan GAGAL semua, sampai saat ini biaya hidupnya masih dibantu oleh orang tuanya.

Untuk client yang satu ini, terapi yang saya lakukan bukan hanya memperbaiki kepribadian dan sikap mentalnya saja, tetapi juga penampilan fisiknya.

Karena penampilannya sangat jelek, walaupun wajah dan fisiknya tidak buruk, agar kita semua punya gambaran yang lebih jelas, saya beri nilai saja.

Wajah dan tubuhnya saya beri nilai 6,0 tapi penampilannya saya beri nilai 3,5 penampilannya seperti rumah tua yang lapuk, kumuh, kotor dan kacau balau (saya menyebutnya seperti rumah Dracula).

Jadi penampilannya saya ubah total, mulai potongan rambutnya, cara dandan, pakaiannya (model dan warna pakaian), karena orangnya sangat keras kepala, maka sangat tidak mudah bagi saya untuk dapat meyakinkan dan merubah persepsinya.

Penyakit Psikosomatik EWUH PAKEWUH atau SUNGKAN dan lainnya yang terkait juga dihilangkan dari pikirannya.

Selesai terapi, informasi yang saya terima dari client adalah sbb :

- 10 orang dari 12 orang teman dekatnya, bilang dia berubah total (positip)

- Pecaya Diri nya meningkat, malu-malunya banyak berkurang, terutama Ewuh Pakewuhnya.

- Jalannya tidak bungkuk lagi seperti dulu.

- Penampilannya sekarang,.......... wow keren dan cantik

- Satu lagi, tapi rahasia ya, sekarang dia pun mulai tidak malu-malu lagi dengan cowok.

Jadi client saya telah bangun dari tidur panjangnya dan menjadi seorang wanita dengan penampilan baru, kepribadian dan sikap mental yang baru pula,........... coba dari dulu tidak EWUH PAKEWUH atau SUNGKAN, pasti ceriteranya berbeda,.......... mejadi masih maukah kamu melihara dan beternak EWUH PAKEWUH ???