Kamis, 03 September 2009

KAMBING Hitam ( IP-4 )

KAMBING Hitam sebagai tumbal

Kambing hitam adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan orang yang suka mencari alasan untuk menutupi kekurangan, kesalahan atau kegagalannya.

Karena banyak diantara masyarakat kita yang suka sekali beralasan untuk menutupi kekurangan, kesalahan atau kegagalannya, maka kita harus mencari tumbal atau korban yang dapat menanggung kesalahan atau kegagalan kita tersebut.

Maka dipilihlah Kambing untuk menjadi tumbal atau korbannya,.......... tapi kenapa ya yang dipilih itu Kambing,............ bukan Domba, Sapi atau Kerbau (yang badannya lebih besar) dan juga bukan ayam, bebek atau angsa (yang badannya lebih kecil).

Saya coba menebak dan menganalisa istilah Kambing Hitam tersebut, tapi ini menurut pendapat saya loh,........... kamu boleh tidak sependapat atau tidak setuju,......... no problem, oke friend.

Kenapa hewan yang dipilih adalah Kambing, menurut pendapat saya karena Kambing merupakan salah satu hewan kurban yang paling banyak di kurban kan pada Hari Raya Agama tertentu.

Warnanya kenapa hitam ?

Bukan Kambing yang warna bulunya : putih, coklat, belang-belang dan sebagainya, tapi hitam,.......... sekali lagi ini semua pendapat saya.

Kambing yang warnanya hitam katanya banyak dan mudah dicari, artinya mudah bagi kita untuk mencari dan membeli Kambing Hitam tersebut.

Karena itulah makanya kita mudah sekali mencari alasan atas kesalahan atau kegagalan kita,........... hal ini juga merupakan salah satu penyakit kronis bangsa kita.

Karena kita terlalu sering mencari Kambing Hitam, lama-kelamaan Kambing Hitam tersebut masuk kedalam pikiran bawah sadar kita,.........apa akibatnya ???

Akibatnya,............ kita jadi menderita penyakit Psikosomatik-Kambing Hitam,......... jelek amat ya namanya.

Maka bila kita salah atau gagal, akuilah kesalahan dan kegagalan kita dengan tulus dan ikhlas, jangan mencari alasan atau mencari Kambing Hitam,.......... selain harga Kambing sekarang sudah mahal, kita juga akan terkena penyakit Psikosomatik yang sangat merugikan diri kita, studi, pekerjaan, karier, rumah tangga, keluarga dan juga orang lain.

Sikap mental orang yang suka mencari Kambing Hitam adalah sikap mental Pengecut dan Penghianat,.......... apakah kita seperti itu ?